01 September 2016

Akustik Ruangan Untuk Studio Recording di Rumah






Walaupun Home Recording Studio bisa menghasilkan kualitas produksi audio yang professional, Tetapi tidak semua proses produksi yang ada di studio profesional dapat dilakukan di home studio.


Biasanya proses Tracking pada Drum, Gitar, Bass & Intrumen lainnya yang memerlukan system todong jarang di proses di home studio, karena dapat menghasilkan noise yang cukup tinggi dan akan sangat menggangu tetanga ataupun orang yang ada dirumah. Kecuali, proses tracking drum dilakukan dengan system gambar dengan menggunakan software drum,dan system direct in untuk tracking gitar.

Selain proses tracking drum dengan system gambar,direct gitar/bass dan take vokal,yang sering dilakukan di home studio adalah Editing, Mixing & Mastering. 

Adapun beberapa faktor yang menjadi penentu kualitas Recording Studio untuk menghasilkan hasil audio yang baik, di antaranya :
  • Sumber Daya Manusia  ( Audio Engineering )
  • Sumber Daya Manusia  ( Musisi )
  • Alat Rekaman yang berkualitas ( Hardware & Software )
  • Ruangan dengan tata akustik yang baik.
Demi mendapatkan hasil Mixing yang akurat, biasanya para Audio Engineering memberikan material akustik pada Studio Recordingnya, baik itu yang bersifat Pemantul Suara ( Reflector ), Penyerap Suara( Absorber ), atau Penyebar Suara
( Diffuser ) Sehingga ruangan akustik pada Home Recording dapat menghasilkan Audio yang tidak kalah baik dengan Studio Profesional. 

Penempatan Panel-Panel Akustik yang tepat pun sangat mempengaruhi pada kinerja panel itu sendiri, Sesuai dengan fungsinya masing-masing dan disesuaikan dengan kondisi ruangan.

Perencanaan yang matang dengan dilakukan pengukuran akustik secara tepat dapat membantu anda mendapatkan hasil yang optimal dan mengirit biaya.

Umumnya sebuah Control Room banyak mengunakan bahan yang bersifat Penyerap Suara ( Absorber ) atau ( bisa dikombinasikan dengan penyebar ) dan dikombinasikan di ruang live.

Hardware dan Piranti Audio akan lebih maksimal kinerjanya jika didukung dengan ruangan yang telah di treatment akustik dibandingkan dengan ruangan existing tanpa treatment akustik yang baik.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pembuatan ruangan kedap suara atau soundproof untuk studio musik, Anda dapat menghubungi kami,

Gemilang Soundproof
 

Hubungi : Customer Service
Telp/SMS/WA : 0819199 444 (WA ONLY)
Email : gemilang.sound@gmail.com





No comments: